WARRIOR


WARRIOR
Pahlawan dari Ras Manusia ini dikenal sebagai pengendali serangan jarak dekat (Melee Damage Dealer) yang baik karena memiliki kemampuan serangan terus menerus atau DOT (Damage Over Time) dan serangan yang berdampak luas atau AoE (Area of Effect). Keunikannya menggunakan beragam senjata dan menguasai skill terbanyak di antara semua job menjadikannya karakter yang sangat populer dalam game.



KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN
Pada pembahasan Statistik Karakter di postingan sebelumnya, dapat dibuat kesimpulan bahwa job Warrior memiliki kelebihan akurasi dan hindaran dibandingkan dengan karakter lainnya (lihat gambar tabel di atas). Bila kita pelajari lebih jauh, WR bukan hanya memiliki kelebihan AoE atau skill area dan stun tapi juga keuntungan memiliki kemampuan menggunakan bermacam-macam senjata ( Kapak, Pedang, Tombak, Tinju) dan didukung dengan skill yang sangat banyak. WR juga memiliki defense fisik yang baik dan kapasitas HP terbesar kedua setelah Bestial.
Namun kelebihan-kelebihan itu justru memicu kerugian WR, biaya untuk mempelajari skill yang sangat banyak akan menguras gold maupun SP (Skillpoint) . Banyak WR kehilangan spesialisasinya dan menjadi WR biasa-biasa saja karena variasi senjata dan skill membuat pengisian stat yang merata. Contohnya, beberapa WR diseting dapat menjadi WR kapak, WR tombak, WR pedang, maupun WR fist sekaligus, sedangkan perbedaan pengisian stat point untuk setiap tipe WR berbeda-beda. Beberapa pemain semula mengarahkan karakter WR-nya sebagai WR kapak di level-level rendah dengan meningkatkan STR dan merubahnya menjadi WR Tinju/ Fist dengan mereset stat STR dengan DEX ketika level tinggi. Trik ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
EQUIPMENT
Meskipun warrior dapat mengenakan armor light, namun karena selalu terlibat pertempuran jarak dekat, maka warrior disarankan mengenakan armor heavy, armor yang sama dengan bestial. Untuk mensiasati kelemahan defense magic yang rendah, sebaiknya slot equipment disisip dengan Mist soulstone.
Senjata yang digunakan menentukan tipe WR (kapak, tombak, pedang, fist), meskipun WR dapat menggunakan bermacam-macam senjata, namun setiap senjata memiliki syarat stat point STR dan DEX yang berbeda, jarak/jangkauan, kecepatan jeda serangan (ASPD), dan damage yang dihasilkan juga berbeda. Selain itu, setiap senjata juga didukung skill khusus, misalnya skill flying dragon untuk stunning hanya dapat digunakan ketika menggunakan senjata kapak.
PvP, PvE, TW
Pada pertempuran PvP (satu lawan satu) Warior bersenjata Fist sangat unggul dalam kecepatan /ASPD meskipun damage-nya lebih kecil dari pada warior pedang, tombak maupun kapak. Namun pada pertempuran masal/ PvE (lebih dari satu), Warior bersenjata kapak sangat berperan karena dalam beberapa kasus, warior diharuskan mengeluarkan skill stun atau menggiring lawan dalam jumlah banyak (grinding) dan menyelesaikan pertempuran dengan skill-skill area (mob kapak). Beberapa pemain mensiasatinya dengan mengganti senjata dengan cepat ketika bertarung. Contohnya, WR menggunakan kapak untuk stun lawan hingga tak bisa melarikan diri dan menghabisinya dengan Fist yang sangat cepat.
Berbeda dengan Bestial, Warior tidak punya spesialisasi sebagai tank pembendung serangan, namun selain dapat menjadi alternatif tank kedua, WR juga dapat berfungsi sabagai hitter dalam party. Skill dua fury Wraith of heaven menjadi andalan WR karena memberi efek damage secara terus menerus (DOT= Damage Over Time) ketika job lain dalam party mengeluarkan skill utama mereka.
Pada territorial war, Wr juga sangat berperan menghentikan squad lawan dengan stun dan AoE. Kreatifitas pemain mengkombinasikan senjata dan skill yang bervariasi menjadikan WR dapat berubah fungsi dengan cepat sebagai alternative tank maupun hitter.

No comments:

Post a Comment