PEMILIHAN EQUIPMENT

PEMILIHAN EQUIPMENT

Beberapa pemain mungkin lebih beruntung mendapatkan equipment armor dan senjata yang memiliki opsi lebih yang “luar biasa” (misalnya, Ranking militer, nirvana, warsoul, salju, HH) sedangkan pemain yang lain harus puas mengenakan equipment yang biasa-biasa saja (misalnya Equipment NPC, hadiah quest, bahkan dropan momon). Gambar berikut adalah tabel equipment dengan opsi “normal” yang dapat dijadikan panduan dan petunjuk bagi pemula untuk memilih equipment yang sesuai atau memiliki opsi “lebih” untuk memaksimalkan statistic karakternya.
I. Memilih Equpment Armor
Gambar I.1. Beberapa contoh Equpment Standar (NPC)


Dari contoh equipment di atas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Karakter Bestial(BS) dan Warrior(WR) sangat ideal menggunakan armor heavy
2. Karakter Archer(AR) dan Assassin(AS) lebih sesuai menggunakan armor Light
3. Karakter Priest (PR) Mage(MG) Foxlady(FX) Psychic(PS) cocok menggunakan armor magic

Catatan:
- Perhatikan bahwa Armor Heavy, dibandingkan dengan kedua jenis armor lainnya, unggul pada Def fisik (523) namun lemah pada Def elemen magic (225).
- Armor Magic lemah pada Def fisik (93) namun unggul pada Def elemen magic (835)
- Armor Light neniliki stat medium Def (321) dan Def Elemen magic (500)

Pada beberapa kasus pengecualian, beberapa pemain Foxlady dapat memilih armor light sebagaimana yang dikenakan oleh Archer, bahkan ada pula FX yang memilih armor heavy seperti yang digunakan Bestial. Hal ini terjadi karena pemain tersebut menggunakan trik meningkatkan defense fisik untuk menutupi kelemahan karakternya (FX istimewa dalam serangan magic, tapi lemah def fisik). Meskipun demikian, dari pembahasan tentang STATISTIK KARAKTER dan FOXLADY pada postingan sebelumnya, FX sebagai karakter magic yang mengandalkan serangan magic terbesarnya, seharusnya dapat lebih optimal dan memanfaatkan spesialisasi magicnya dengan memilih equipment magic dan bukan equipment fisik. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa setiap karakter dibekali statpoin terbatas (bertambah 5 setiap kali naik level) dan bahwa setiap equipment memiliki syarat statpoin yang bervariasi. Misalnya untuk mengenakan armor magic Black Gold Armor (Level 60) seperti pada gambar di atas, FX tersebut harus memiliki statpoin minimal STR 34 dan INT 93. Bila pemain FX memilih armor heavy Dragon Echo armor (level 60), maka statpoin INT akan dikorbankan, karena syarat Dragon Echo Armor adalah minimal STR 152 dan DEX 34. Meskipun def fisik FX akan meningkat drastis, di sisi lain Mdefnya merosot. Serangan magic dan Mdef FX tidak lagi menjadi keistimewaan, dan karakter itupun menyandang gelar invalid.
Baca juga tipsPENGISIAN STATPOINT

2. Memilih Equipment Senjata
Pada kasus yang lain, Archer yang memiliki variasi menggunakan snjata Bow, Crosbow dan Sling, meskipun dapat dipersenjatai dengan fist, namun tidak memiliki skill bertempur menggunakan fist. Bahkan senjata yang sedang digunakan AR tidak dapat digunakan bila pemain keliru memilih amunisinya. Di lain pihak, karakter fisik maupun magic yang lain juga dapat menggunakan Bow (catatan: Crossbow dan Sling spesialisasi AR, tidak dapat digunakan oleh job yang lain)namun tidak didukung skill memanah sebaik Archer. Sama halnya dengan AS yang seharusnya memilih Dagger sebagai senjata utamanya, damage yang dihasilkan lebih optimal dari pada menggunakan Fist. Bahkan PS yang menggunakan senjaga magic selain soulsphere akan langsung menyandang gelar cacat karena keliru memilih senjata yang ideal.
Pada pembahasan tentang masing-masing karakter secara detail, tersedia alasan dan rekomendasi pemilihan armor dan senjata yang paling ideal untuk setiap karakter. Bestial misalnya, dengan otomatis memilih kapak sebagai senjata yang ideal karena stat poin STRnya lebih unggul dan tuntutan mengeluarkan skill area AoE, meskipun BS dapat menggunakan senjata yang lain layaknya seorang WR. Khusus untuk kelas magic, variasi senjata magic berpengaruh pada efek skill karakter magic, misalnya damage dan kemampuan heal Priest
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa:
1. Bestial menggunakan Kapak
2. Warrior menggunakan Kapak, Tombak, Pedang, Fist
3. Archer menggunakan Bow, Crossbow, Sling
4. Assassin menggunakan Dagger
5. Psychic menggunakan Soulsphere
6. Foxlady menggunakan senjata Magic
7. Mage menggunakan senjata Magic
8. Priest menggunakan senjata Magic
Berikut adalah contoh eq NPC yang diproduksi sendiri oleh karakter

Equipment Bintang 2 (**) memiliki angka opsi standar yang lebih baik dari eq bintang 1, sedangkan eq bintang 3 (***) memiliki opsi yang lebih tinggi lagi. Equipment normal bisa diperoleh dari dropan momon, dibeli dari NPC, hadiah Quest, dan bahkan dibuat sendiri, untuk yang terakhir akan dijelaskan sendiri pada kesempatan lain. Eqipment dengan opsi lebih baik bisa diperoleh dari mold (berwrna kuning) dropan bos monster, atau ditukarkan dengan mysterius coin di kota seribu misteri. Ketika memasuki level 60, banyak pemain berburu equipment HH yang diperoleh dari kuil senja. Di level selanjutnya, pemain dapat mencari equipment salju, chrono, MV lembah bulan, cube of faith, dan bahkan equipment legedaris nirvana.

5 comments:

  1. kk.. gimana cara buat bintang 2 nya buat Quess skill Forging sama Tailoring.????
    atau waktu yg tepat buat bintang 2 itu...
    plisss
    TQ

    ReplyDelete
  2. gimana cara dapet/bikin senjata magic ?

    ReplyDelete
  3. klo maksud nya senjata HH, bs d bikin d tungku d kota naga (sekitar jendral robinson), d situ jg byk kucing yg berjualan mat HH

    ReplyDelete
  4. kalu pedang Sk Nv lebih baik mana yang dari kuil senja atau lembah bulan

    ReplyDelete
  5. kk, mau nanya. Mold Fist yg untuk lv di bawah 60 dapetnya dari mana sih?

    ReplyDelete