BESTIAL


BESTIAL
Pahlawan dari ras siluman ini dikenal sebagai penerima serangan (tank) yang sempurna karena memiliki HP paling besar dan pertahanan fisik (physical defense) yang paling tinggi di antara semua job. Itulah sebabnya BS menjadi karakter yang paling diandalkan untuk TB (menerima/menyerap serangan)
Meskipun sering dijadikan penerima serangan, Bestial lebih dari sekedar bantal, kemampuan dan bonus ketika berwujud macan putih, HP dan def fisik meningkat, menjadikannya pejuang yang bisa mengandalkan diri sendiri. Tidak seperti ras manusia, Peri, maupun Duyung, Bangsa Siuman hanya mengenal dua kelas job berdasarkan gender yakni Bestial untuk laki-laki dan Foxlady untuk perempuan.




KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN
Sedikit berbeda dengan Warior pada pembahasan tentang Statistik Karakter, BS unggul pada kapasitas HP yang terbesar (lihat gambar tabel di atas). Kapasitas HP dan Defense fisiknya lebih meningkat lagi ketika mengeluarkan skill paket buff inspire. Ketika melaksanakan quest bos, sejumlah pemain sangat mengharapkan adanya BS dalam tim, tanpa BS, tim akan kesulitan membunuh bos monster bahkan skenario terburuknya gagal dan kematian bergilir melanda seluruh anggota tim.
Ketika berwujud macan putih, kecepatan gerak, kapasitas HP dan defense fisik Bestial akan meningkat, namun di sisi lain mengurangi damage serangan senjata dan akurasi, itulah sebabnya bila terdapat dua BS dalam tim, salah satunya yang tidak bertugas TB akan berada dalam mode human untuk menjaga damage serangan senjata tidak berkurang. Sama halnya dengan WR, pertahanan magic BS juga sangat lemah, maka disarankan menyisipkan MSS (Mist Soulstone) pada slot armornya.
EQUIPMENT
Sebagai Petarung jarak dekat dan diandalkan menjadi tank pembendung serangan, BS tidak punya pilihan lain selain memilih armor Heavy sebagai pertahanannya. Sejumlah pemain sangat berkonsentrasi untuk terus meningkatkan defense fisik dan kapasitas HP untuk menunjang keunggulan BS, baik dengan cara penambahan stat point STR dan CON, maupun dengan bijaksana memilih equipment. Berbeda dengan WR yang dapat mengganti equipmentnya dengan cepat ketika bertempur (misalnya mengganti senjata pedang dengan fist atau kapak), ketika berwujud macan putih, mustahi bagi pemain untuk mengganti atau melepas equipment yang sedang digunakan BS. Pemain yang kreatif lebih mengutamakan equipment dengan opsi tambahan STR, HP, atau DEX untuk menutupi kelemahan akurasi.
Tidak tertutup kesempatan bagi Bestial untuk menggunakan senjata pedang, tombak, dan bahkan Fist layaknya seorang warior. Namun saying sekali, BS tidak memiliki skill yang mendukung senjata-senjata tersebut. Selain itu, BS akan kehilangan spesialisasinya sebagai tank pembendung serangan yang baik karena tidak maksimal. Untuk membentuk BS yang sesuai dengan keistimewaannya, pemain dianjurkan berkonsentrasi pada pengisian stat point STR dan CON untuk meningkatkan defense fisik dan kapasitas maupun regenerasi HP. Karena stat point STR BS sangat tinggi, maka senjata yang cocok untuk BS adalah berjenis Kapak atau palu, baik yang single maupun dobel.
Sejumlah pemain, dengan alasan kreatif atau variatif, membedakan BS menjadi BS heavy dan BS light. Maksudnya, BS heavy dikhususkan untuk TB, dimana CON dan STR-nya sangat tebal,seperti digambarkan di atas, sedangkan BS light adalah hasil modifikasi untuk menutupi kekurangan BS. BS light dibentuk dengan meningkatkan DEX sehingga akurasi, hindaran dan kritikalnya meningkat, namun akan menjadi BS yang tidak maksimal untuk TB.
PvP, PvE, TW
Pada pertempuran satu lawan satu, PvP, BS mampu berjuang sendiri didukung dengan kapasitas HP yang besar. Skill paket inspire (HP meningkat) dan divine (serangan senjata meningkat). Ketika bermitra dengan PR, duet ini menjadi tim paling berbahaya. Pada pertempuran PvE, BS dapat melakukan grinding, menggiring monster dalam jumlah banyak dan dibunuh dengan skill skill area kapak seperti halnya yang dilakukan WR. Dalam TW (Territorial War), atau tim quest bos, BS selalu berada paling depan menjadi ujung tombak serangan sekaligus menjadi tank pembendung, ditemani WR sebagai spesialis AoE, AR sebagai pemberi serangan fisik, dan tidak boleh ketinggalan PR yang menjamin keselamatan BS. Kehadiran MG (Mage), PS (psychic), FX (Foxlady), AS (Assassin), menambah damage serangan magic maupun fisik tim (party) tersebut. Hal ini menjadi pelajaran penting bahwa tidak ada satu job pun yang dapat bekerja sendiri. Setiap pemain membutuhkan pemain yang lain, setiap job karakter membutuhkan karakter lainnya. Kerjasama atau kekompakan Tim adalah solusi paling baik untuk membentuk sebuah kekuatan yang sangat besar dan tidak mudah untuk dikalahkan.

No comments:

Post a Comment