PSYCHIC

PSYCHIC

Bila dari bangsa Manusia dikenal ahli sihir Mage, Ras Siluman memiliki Foxlady, dan kaum Peri mengandalkan Priest, maka dari bangsa Duyung lahir spesialis magic Psychic (PS). Kemampuan berenangnya tak diragukan lagi, selain itu def fisiknya meningkat ketika berwujud ikan duyung. Sebagai karakter magic dan penyerang jarak jauh, PS menguasai dua elemen dasar magic yakni air dan tanah. Didukung bakat duyung stun, hex dan paralyze, PS memaksimalkan Soul force dan Chain of Souls-nya yang memberi damage lengkap berupa fisik maupun magic, masuk ke medan pertempuran dan membantai lawan satu demi satu.



KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN

Pada pembahasan Perbandingan Statistik Karakter di postingan sebelumnya (bandingkan tabel info karakter di atas), dapat disimpulkan bahwa kelebihan PS yang paling menonjol adalah memiliki kapasitas MP terbesar, selevel dengan Mage dan Priest. Ini berarti PS memiliki Mdef dan serangan magic yang mengagumkan seperti halnya MG maupun PR, namun keistimewaan PS berada pada kecepatan chanting time, yaitu mengeluarkan skill yang lebih cepat. Di level-level awal, kemampuan buff PS yang didukung cepatnya casting time menyedot MP lebih sedikit dibandingkan spesialis magic yang lain. Karakter ini juga dibekali dengan skill healing Bubble of life dan Empowered vigor.
Namun setiap kelebihan karakter selalu diimbangi dengan kelemahan. PS seperti juga spesialis magic yang lain, beresiko terbunuh lebih cepat karena kapasitas HP-nya yang kecil. Skill yang tidak banyak dan mudah menarik perhatian monster di sekitar target membuatnya sulit untuk tetap aktif pada level-level tinggi. Di level 15 sampai 20 sangat menyedot MP, dan pada perkembangannya sampai akhir game PS selalu membutuhkan refine yang lebih baik untuk meningkatkan skill-skill Soul -nya

EQUIPMENT

Sekalipun ditemukan PS yang memilih armor fisik Light dan Heavy untuk menyiasati def fisiknya, namun sebagaimana spesialis magic lainnya, lebih bijaksana untuk memilih armor magic sejak level kecil untuk menghemat biaya reset stat poin di level tinggi. Sejumlah pemain menggunakan Amber maupun Crimson Soulstone untuk disisipkan pada slot equipment.
Pemilihan Senjata untuk PS sangat terbatas pada Soulsphere untuk mengaktifkan semua skill-nya.

PvP, PvE, TW

Pada pertempuran PvP (satu lawan satu) PS sangat unggul dalam kecepatan mengeluarkan skill. Bukan sekedar mengandalkan serangan, PS juga mengandalkan Bubble of Life (cast time 2 detik, action time 1,5 detik, cooling down 30 detik) untuk menyembuhkan diri sendiri dan White Voodo ( CT 1,4 dtk, AT 1 dtk, CD 8 dtk) untuk untuk meningkatkan pertahanan dan mengurangi serangan yang diterima.
Di sisi lain, PS dapat membunuh lebih cepat menggunakan Black voodoo untuk mengurangi pertahanan lawan dan menambah serangan skill-skill soulspherenya, namun bila tidak dipersiapkan dengan baik, PS berada pada kondisi rawan terbunuh karena Black voodoo mengurangi def-nya sendiri. Maka pada pertempuran PvP, sebaiknya PS menghindari lawan kelas fisik.
Dengan kemampuan cast time yang ekstra cepat, PS berbeda dengan sepupunya MG yang beresiko besar mati lebih sering. PS lebih mudah leveling di level-level awal karena damage serangan yang tinggi dan def yang lebih baik, namun PS akan kewalahan menghadapi keroyokan monster karena minimnya skill AoE atau skill area berdampak luas, sebelum mencapai level yang tinggi.
Duet PS dan MG merupakan pasangan serasi yang saling menutupi kelemahan. Musuh akan dilanda variasi skill yang menurunkan pertahanan dan efek serangan magic yang dihasilkan sangat menakutkan. Sebagai nilai tambah, skill soulburn PS melindungi PS dari serangan musuh dan mengakibatkan musuh menderita damage sebesar nilai soulforce, dimana Soulburn memberi 5000 damage ketika PS berada pada level 50. Ini berarti musuh seperti melakukan bunuh diri bila menyerang PS ketika dia mengeluarkan soulburn.
Pada pertempuran TW, PS dapat secara bebas dan efektif mengandalkan variasi skill Soulnya baik secara individual maupun berkelompok dengan karakter lain dalam tim. PS dapat mengandalkan skill area AoE untuk menghadapi lawan kelas magic yang banyak dan diikuti dengan bubble of life untuk regenerasi HP dan menyembuhkan diri dari serangan lawan. Meskipun demikian, minimnya kapasitas HP menyebabkan PS harus menghindari lawan kelas fisik.
Berikut adalah gambar tabel refine, di mana pemain dapat mengetahui bonus nilai soulforce setelah refine.

No comments:

Post a Comment