FOXLADY



FOXLADY

Pejuang dari ras siluman ini dikenal sebagai satu-satunya job yang dapat menjinakkan monster menjadi pet yang akan digunakannya sebagai penyerang maupun hiasan (pet all job). Bersama pet, FX dapat membentuk tim solo yang kuat. Kemampuannya sebagai ahli racun juga sangat baik untuk buff dan debuff. Bonus ketika berwujud fox, (HP dan def fisik meningkat), membuat Foxlady (FX) menjadi pilihan yang tepat untuk pemain yang lebih suka mengandalkan diri sendiri.




KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN

Pada pembahasan tentang Statistik Karakter , selain Mage (MG) dan Priest (PR), Foxlady (FX) juga merupakan makhluk magic penyerang jarak jauh yang memiliki keistimewaan pemberi serangan magic terbesar di antara semua job (lihat gambar tabel di atas), hal ini meruntuhkan teori bahwa FX hanya mengandalkan pet, karena FX juga sangat berbahaya tanpa pet. Keunggulan FX yang paling menonjol adalah dapat membentuk sebuah tim yang terdiri dari pet sebagai tanker dan dirinya sebagai healer. Tim solo ini sering melaksanakan quest-quest sulit sendirian atau bahkan mini bos, sedangkan karakter lain mungkin sangat tergantung pada bantuan pemain lain dan membentuk grup khususnya bersama PR sebagai healer. Tim FX & pet adalah kombinasi serangan yang kuat dan komplit di mana pet mengeluarkan serangan fisik dan FX mendukung dengan serangan magic
Sebagai bangsa siluman, FX memiliki kemampuan berubah wujud menjadi fox untuk meningkatkan defense fisik dan menambah kecepatan gerak, namun seperti halnya Bestial ketika berwujud macan, sebagian skill FX tidak dapat diaktifkan, dan FX harus bertempur dengan jarak dekat sehingga membahayakan keselamatan dirinya. Sedikit berbeda dengan MG, PR, dan PS, FX memiliki kapasitas HP, akurasi dan hindaran yang lebih baik, namun kapasitas MP-nya lebih rendah di antara seluruh job magic (bandingkan tablel info di atas). Kekurangan nonteknisnya adalah bahwa gender bangsa siluman terbatas pada Bestial (pria) dan FX (wanita), sehingga pemain pria akan menjadi sasaran ejekan bila memilih job FX sebagai karakternya. Lebih parah lagi, banyak pemain memanfaatkan keistimewaan job ini sebagai mesin pencari uang dengan menggunakan program illegal (bot), sehingga reputasi FX menjadi negatif.

EQUIPMENT

Pemain yang kreatif sering menyiasati kelemahan def fisik karakter magicnya dengan memilih equipment armor fisik seperti light armor bahkan ada pula yang memilih heavy armor, namun baik PR, MG dan PS bahkan FX sekalipun, disarankan sebaiknya memanfaatkan spesialisi magic mereka dengan memilih armor magic (Baca juga PRIEST , MAGE , PSYCHIC ). Selain meningkatkan kemampuan pet, beberapa pemain FX juga merekomendasikan equipment yang dapat mempercepat chanting time dan untuk menutupi kelemahan defense fisik, mereka cenderung memilih menyisipkan CrimsonSS dari pada AmberSS (maksimal HP) pada slot equipment, serta mengisi stat CON sesuai level karakter.
Pemilihan Senjata juga mempengaruhi kemampuan serangan magic dan healing pet, mulai dari Wand (ideal untuk FX yang mengutamakan healing pet), Magic sword (ideal untuk serangan dan healing), maupun Pataka dan Glaive (ideal untuk FX yang mengutamakan kritikal serangan), yang masing-masingnya berkarakter serangan magic dengan damage yang bervariasi.

PvP, PvE, TW

Ketika bertempur PvP, satu lawan satu, FX merupakan karakter yang paling efisien. Bagaimana tidak, dari jarak jauh FX telah melancarkan serangan magic lebih dahulu dan segera disusul oleh pet-nya yang memberi serangan fisik. FX dapat terus menyerang target selagi pet membendung lawan mendekati tuannya. FX juga dapat berkonsentrasi menyembuhkan pet-nya dari jarak aman ketika melawan target yang lebih kuat dari pada pet. Seringkali pada pertempuran jenis ini, FX dapat membunuh lawannya tanpa terluka sedikit pun. Namun pada beberapa kasus, bila serangan FX lebih besar dari damage serangan pet, target akan mengalihkan perhatian dan serangannya kepada FX, dan hal ini tentu saja mengancam keselamatan FX. Terhadap sesama pemain juga FX harus lebih berhati-hati, karena lawan akan mengacuhkan pet dan hanya memusatkan serangan kepada FX.
Pada pertempuran PvE (massal), sayang sekali FX bukanlah karakter yang maksimal menggunakan serangan area yang berdampak luas. Salah satu trik pertempuran PvE yang dapat dilakukan adalah membiarkan pet menyerang target A sementara FX menyerang target B.
Yang dapat disimpulkan dari peristiwa ketika pet mati atau dikandangkan dengan paksa selagi bertempur, maka akan membuat lawan monster memburu sang FX, adalah bahwa kejadian ini justru dapat dimanfaatkan FX sebagai trik untuk menarik salah satu target dari kumpulan monster untuk menjauhi kawanannya dan mendekati FX sehingga dapat dibunuh secara solo tanpa harus menderita dikeroyok beramai-ramai.
Pada pertempuran TW, FX sangat dibutuhkan untuk mengalahkan bestial dengan kemampuan debuff-nya karena dapat menghilangkan status buff pada BS dan memaksanya menerima 20% tambahan damage. Sebagai penyerang magic di barisan belakang, FX direkomendasikan berpasangan dengan Mage karena duet ini dapat saling mengkombinasikan skill dan saling melindungi.

No comments:

Post a Comment