ARCHER


ARCHER
Pahlawan dari Ras Peri ini dikenal sebagai pengendali serangan jarak jauh (Ranged Damage Dealer) yang baik karena dapat memberi damage serangan fisik maupun magic yang bisa meruntuhkan defense lawan. Meskipun Archer sering ditempatkan di barisan paling belakang untuk memperkuat tim, namun Archer memegang peranan penting dalam usaha tim membunuh bos monster dalam waktu yang relatif lebih singkat. Pemberi damage terbesar di antara semua kelas ini juga memiliki def fisik dan magic menengah selain kecepatan gerak yang tinggi dan jangkauan serangan yang jauh.




KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN
Dari pembahasan tentang Statistik Karakter sebelumnya, dapat dibuat kesimpulan bahwa keunggulan Archer dibandingkan dengan semua kelas di perfect world adalah Archer memberi damage serangan fisik paling besar. Berbeda dengan BS, WR dan AS, AR memiliki keuntungan dapat melancarkan serangan dari jarak jauh, ini berarti lawan akan lebih dulu menderita dan kecolongon 1-0 sebelum membalas serangan AR. Kelebihan lain AR adalah bangsa peri dapat terbang dari level 1, dan AR dianugerahi kecepatan gerak yang lebih tinggi. Meskipun ketika dilahirkan AR memiliki Akurasi dan Hindaran lebih rendah dari WR, namun seiring meningkatnya level dan pengisian stat DEX, Akurasi dan hindaran AR, bahkan kritikal meningkat dengan drastis.
Sama halnya dengan job yang lain, hal-hal yang menjadi kelebihan AR dapat membawa dampak kerugian. Karena AR membutuhkan Arrow, maka AR menghabiskan biaya lebih besar untuk membeli atau membuat arrow. Serangan AR juga dapat menarik perhatian monster disekitar target yang terkena hit, hal itu mengakibatkan AR dengan cepat akan dikeroyok beramai-ramai oleh monster. Kapasitas HP dan defense yang lebih rendah dari pada BS atau WR menjadikan AR beresiko tinggi ketika menerima serangan. Ketika bertempur jarak dekat atau dalam mode sedang terbang, damage serangan AR juga menurun sangat drastis. Beberapa pemain mengeluh karena harus memainkan karakternya ekstra hati-hati seperti memperlakukan barang mudah pecah.
EQUIPMENT
Sebagai kelas Dexterity, Penyerang jarak jauh, Archer tidak direkomendasikan bertempur jarak dekat seperti BS atau WR, maka Archer dianjurkan menggunakan armor light yang lebih nyaman karena syarat STR dan DEX lebih rendah dari armor heavy. Khusus untuk helm,karena helm light tidak tersedia, beberapa pemain cenderung memilih helm heavy dari pada helm magic untuk meningkatkan def fisik, dan ini berarti pengisian stat point STR dilakukan hanya sebatas syarat helm heavy. Karena kapasitas HP dan def fisik AR dikuatirkan, maka pemain memanfatkan tips menyisipkan Amber soulstone (ASS) untuk meningkatkan HP atau Crimson SS (CSS) untuk meningkatkan def fisik.
Bila Warior dapat menggunakan senjata Bow (busur) namun tidak memiliki skill memanah, maka AR juga dapat memanfaatkan stat STR dan DEX yang dimilikinya untuk menggunakan senjata Fist namun tidak didukung skill bertinju. Senjata yang dianjurkan untuk AR adalah Bow, Crossbow dan Sling dengan tingkat pengisian stat STR dan DEX yang agak bervariasi. Ketiga jenis senjata tersebut memiliki perbedaan jangkauan jarak, kecepatan melancarkan serangan (ASPD), dan damage yang dihasilkan. Pemilihan amunisi peluru dan panah juga dipengaruhi oleh Senjata yang sedang digunakan. Senjata busur menggunakan panah, sedangkan Sling menggunakan bullet. Beberapa pemain AR yang dibiayai dana besar dapat memiliki tiga jenis senjata dan tiga jenis amunisi dalam inventorinya.
PvP, PvE, TW
Pada pertempuran PvP, Archer memanfaatkan damage serangan jarak jauh dan kritikal yang tinggi untuk mengalahkan lawan-lawan magic maupun fisik. Untuk menghadapi lawan yang memiliki HP dan def fisik lebih besar, pemain AR menggunakan trik hit & run. Pada territorial war, Archer bertugas melumpuhkan job magic seperti Mage Priest maupun Foxlady. Hal ini menjadikan AR dikenal sebagai sniper dalam peperangan, . Berbeda dengan pertempuran massal PvE,meskipun AR dapat memanfaatkan winged shell dan wings of grace sebagai pertahanan yang baik, namun AR harus berusaha keras menggiring sekumpulan lawan dengan skill stun dan knockback. Dalam party. AR berfungsi sebagai pemberi damage, skill sharpened tooth arrow dapat mengurangi max HP target sampai 16%, skill Level 100 Blood vow juga mengurangi max HP target sampai 18%. Untuk alasan tersebut, AR dapat memperkuat timnya dengan skill Sharpened tooth arrow untuk melumpuhkan bestial lawan dalam TW. Sedangkan Barrage of arrows merupakan pilihan terbaik sebagai skill AoE.

2 comments:

  1. Keren..aku sih diserver api..kalian diangin emas ya..oo

    ReplyDelete
  2. gan atribut archer pasa yg ditambahin?




    ReplyDelete