PRIEST


PRIEST
Pahlawan dari bangsa Peri ini dikenal sebagai dokter atau healer dan menjadi tulang punggung sebuah tim di dunia perfect world. Kemampuannya memberi paket skill buff dan dapat membangkitkan karakter yang mati, membuatnya sangat dibutuhkan dalam sebuah party, Namun Priest bukan sekedar seorang healer yang harus selalu berada di barisan paling belakang, defense dan attack magic yang tinggi dan skill sleep membuatnya cukup ditakuti sebagai penyerang jarak jauh dan mampu menandingi atau menerima serangan magic lawan.




KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN
Pada pembahasan tentang Statistik Karakter, terlihat bahwa PR sebagai makhluk magic penyerang jarak jauh (Ranged Damage Dealer). PR memiliki keistimewaan kapasitas MP terbesar dan pemberi serangan magic di antara semua job (lihat gambar tabel di atas). Keunggulan PR yang paling mencolok adalah kemampuan heal dan buff (member paket). Ketika melaksanakan quest bos, sejumlah pemain sangat mengharapkan adanya PR dalam tim. Seperti halnya BS, tim tanpa PR akan kesulitan membunuh bos monster. Selain itu, PR merupakan satu-satunya job di PW yang memiliki skill Prayer of Life untuk membangkitkan karakter yang terbunuh.
Sebagai bangsa Peri, PR memiliki kemampuan terbang dari level 1. Kapasitas MP terbesar dan peningkatan stat INT pada PR menghasilkan defense dan serangan magic yang tinggi, namun kebalikannya PR sangat minim defense fisik dan memiliki kapasitas HP yang sangat kecil sehingga beresiko mudah terbunuh bila terserang secara fisik. Kelemahan PR yang lain bukan hanya pada kecepatan gerak yang sangat rendah tapi juga tingkat hindaran yang mengkhawatirkan.
EQUIPMENT
Priest adalah makhluk magic, untuk menjadi spesialis magic maka tidak ada pilihan lain yang lebih bagus dari pada memilih armor magic, meskipun beberapa pemain menggunakan armor light dengan dalih defense fisik. Sebagai penyerang magic jarak jauh, PR mungkin tidak kesulitan menghadapi lawan magic, namun terhadap lawan fisik, PR harus bekerja keras agar tidak terkena kontak langsung dengan lawan fisik. Untuk mensiasatinya, beberapa pemain PR bersusah payah mencari equipment yang dapat mempercepat chanting time (waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan skill). Untuk menutupi kelemahan defense fisik, solusinya adalah menyisipkan Crimson SS maupun AmberSS pada slot equipment, serta keseimbangan mengisi stat CON.

Pemilihan Senjata juga menentukan kemampuan Priest, maka dianjurkan memilih senjata yang cocok dengan stat PR, mulai dari Wand, Magic sword, Pataka, maupun Glaive, yang masing-masingnya berkarakter serangan magic dengan damage yang bervariasi.

PvP, PvE, TW
Pada level awal, karena minimnya SP (skill point), Priest dapat terbagi atas tiga jenis, Full support, Attack support, dan Full attack. PR full support hanya menguasai sedikit skill serangan pada level rendah karena mengutamakan skill paket buff, heal, maupun res untuk kepentingan tim, PR Attack support sedikit berbeda dengan skill AoE dan debuff. Sedangkan PR Full Attack lebih berkonsentrasi mengandalkan diri sendiri dengan memaksimalkan skill-skill serangan untuk pertarungan solo. Pembagian jenis ini tidak bermasalah karena pada level 80, dimana akan ada banyak skill point, ketiga tipe Priest tadi akan tampil menjadi satu tipe saja.

Pada pertempuran PvP (satu lawan satu), Priest tampil dengan kejutan dari jauh, serangan magicnya telah lebih dulu mencapai target sebelum lawan berusaha mencapainya. Skill sleep dan debuff sangat berguna menghentikan atau memperlambat gerakan lawan. Umumnya serangan Priest berelemen metal, dan ini berdampak ancaman serius karena PR dapat memberi serangan fisik selain magic dari jauh.

Pada pertempuran PvE (massal), Priest mengkombinasikan serangan area berdampak magic maupun fisik, serangan yang lengkap itu didukung dengan kemampuan heal sehingga PR mampu menyerang sekumpulan lawan. Serangan fisik juga berguna dalam territorial war dimana PR dapat membunuh karakter magic tim lawan dengan serangan fisik metal.

Namun karena Priest lebih diharapkan sebagai pelindung tim yang sempurna, maka PR yang handal lebih berkonsentrasi sebagai healer untuk menjaga timnya tetap hidup dari pada menjadi penyerang. Contohnya, pada pertarungan melawan bos monster, sedikit kelalaian atau terlambat meng-heal karakter tank akan berdampak kematian tank (Bestial atau Warrior) dan ini berarti anggota tim yang lain dengan segera menyusul kematian tank.

No comments:

Post a Comment