MEMAKSIMALKAN KARAKTER

MEMAKSIMALKAN KARAKTER

Sangat menjengkelkan apabila anda diejek dengan istilah “cacat” oleh pemain lain dalam game. Kebanyakan pemain di PWIndo menggunakan istilah itu untuk menikmati kemenangannya layaknya orang yang sombong ketika menang duel, sedangkan pemain yang kalah duel merasa diejek dan sangat tersinggung. Istilah itupun akhirnya memicu pertikaian yang berkepanjangan dan bahkan diumumkan dengan toa. Padahal yang mengejek dan yang diejek belum tentu tau apa yang apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan istilah “cacat” tersebut.
Dalam Perfect World International (PWI), Pemain menggunakan istilah “invalid” untuk karakter yang tidak di-maksimal-kan oleh pemainnya, bukan sebagai ejekan negatif terhadap pemilik karakter tersebut. Sebenarnya, sebuah karakter menyandang gelar invalid apabila statistik karakter tersebut tidak seperti yang seharusnya. Untuk memaksimalkan statistik karakter, pemain PWInter lebih memilih saling berbagi pengetahuan dan tips, daripada saling mengejek seperti yang terjadi di PW-Indo.
DemiGods mengharapkan hal ini tidak terjadi pada anggota keluarganya, maka kami berusaha mengumpulkan dan akan terus meng-update- data untuk para DG-ers (anggota keluarga DemiGods) agar dapat memaksimalkan spesialisasi setiap karakter yang dimilikinya.
Statistik karakter tidak bersifat permanen karena dapat berubah meningkat setiap kali naik level atau dilakukan upgrade equipment dan pengisian stat poin. Sebagai contoh, PRIEST dengan statistik awal pada table di bawah ini.


Kolom LV.5Normal menunjukkan statistic Priest ketika mencapai Lv.5 tanpa mengenakan equipment (armor, ornament, senjata, Mdef = ??) dan statpoint (CON,STR,DEX,INT = 20) belum terisi.
Kolom Eg.LV.5Mod menunjukkan statistic Priest tersebut meningkat ketika mengalami pengisian statpoin CON+1, STR+3, INT+16, meskipun belum menggunakan armor (Mdef=??)
Dari table di atas, DG-ers dapat mempelajari bahwa untuk memaksimalkan karakter, dibutuhkan:

1. Mengisi statpoin CON,INT,STR,DEX dengan benar setiap kali level karakter meningkat (mendapat 5 statpooin)
2. Memilih dan mengenakan equipment armor, ornament, senjata yang sesuai dengan spesialisasi job karakter.

Kedua hal yang mendasar ini akan didukung factor lain seperti ketrampilan pemain memahami dan menggunakan skill dengan tepat, menggunakan item pembantu dan meningkatkan opsi equipment dengan upgrade soulstone atau refine. Namun hal-hal pendukung tersebut akan dibahas pada postingan yang lain.

I. PENGISIAN STATPOIN

Fungsi setiap atribut statpoin dapat digambarkan sbb:
CON , meningkatkan kapasitas HP dan regenerasinya, menambah Def fisik
INT, meningkatkan kapasitas MP dan regenerasinya, menambah Mdef dan Matk
STR, meningkatkan defense dan serangan fisik jarak dekat
DEX, meningkatkan serangan jarak jauh, menambah akurasi, hindaran dan kritikal.
Untuk tips pengisian statpoin, baca di sini...

II. PEMILIHAN EQUIPMENT

Equipment terdiri atas 3 jenis, Armor, Ornament, dan senjata

EQUIPMENT ARMOR

Armor terdiri dari Helm, Baju, Celana, Sepatu, gelang, dan jubah. Armor memberi angka defense fisik maupun magic yang signifikan sesuai level karakter dan opsi plus (+) lainnya. Sejumlah equipment armor pada level tinggi dapat memiliki opsi tambahan seperti CON+5, DEX+6, INT+4, STR+7 dan berbagai status acak misalnya menambah kecepatan gerak, menambah defense elemen tertentu, daya tahan, dan lain-lain. Helm yang terdiri atas Heavy dan magic biasanya menambah kapasitas HP, sedangkan jubah menambah hindaran.

EQUIPMENT ORNAMENT

Yang dimaksudkan dengan ornament terdiri dari Kalung, Sabuk, dan cincin. Ornament biasanya memberi tambahan opsi hindaran atau defense. Beberapa jenis ornament dengan syarat Level karakter 40, 50, 60, karena memiliki opsi bagus dapat digunakan karakter sampai level 80 atau bahkan 90. Biasanya Ornament tidak disertai slot untuk menyisipkan soulstone. Ornament kalung dan sabuk biasanya memberi tambahan angka def fisik maupun magic, sedangkan cincin menambah angka serangan maupun hit.

EQUIPMENT SENJATA

Setiap karakter memiliki 6 slot armor dan 3 slot ornament, namun hanya memiliki satu slot senjata. Ini berarti hanya satu senjata yang dapat digunakan pada sebuah rentang waktu sebelum diganti dengan senjata yang lain. Pemain dapat menggunakan senjata yang lain dengan cara mengganti senjata yang sedang digunakan dengan senjata yang tersedia di inventory. Hal ini mudah dilakukan karena pemain dapat meletakkan shortcut senjata di inventory pada kolom atau slot F1 s/d F10 maupun angka 1 s/ 8, trik yang lebih mudah daripada drag senjata ke slot karakter. Khusus untuk Archer mengganti senjata harus diiringi dengan mengganti amunisi, maka setidaknya pemain AR menyediakan 2 slot kosong untuk proses menukar senjata.

Untuk mengetahui tips pemilihan equipment lebih detail, baca di sini...


bertualang

No comments:

Post a Comment