PERBANDINGAN STATISTIK KARAKTER

Statistik masing-masing job/kelas di atas adalah data info karakter ketika dilahirkan pada level 1 dengan stat point awal CON 5, INT 5, STR 5, DEX 5. Data tersebut akan berkembang sesuai pengisian/penambahan stat point seiring meningkatnya level karakter. Misalnya, karakter Archer, ketika naik level dan pemain menambahkan stat CON, maka HP yang semula 65 akan bertambah.
Pemilihan dan pemakaian equipment armor dan senjata yang menambah opsi tertentu juga secara langsung mempengaruhi data karakter. Misalnya, Job Bestial, ketika mengenakan armor dengan opsi DEX +3. maka akurasi dan hindarannya ikut meningkat
Data tersebut menjadi pedoman mengenali karakter dan spesialisasinya dibandingkan dengan job/kelas lainnya. Yang penting pada pembahasan ini adalah bahwa Pemain dapat meningkatkan kelebihan dan menutupi kelemahan karakternya pada perkembangan level selanjutnya.
Sebagai contoh, Pemain Bestial dapat berbangga dengan kapasitas HP yang terbesar diantara semua job, tapi sangat lemah pada defense magic (MP terendah) dan serangan magic. Mage dan Priest sebaliknya sangat kuat pada defense magic (MP tertinggi) dan serangan magic namun sangat minim hindaran (evasion). Salah satu cara menyiasati kelemahan karakter adalah beberapa pemain BS meningkatkan defense magic dengan menyisipkan MSS (mist soul stone) pada slot equipmentnya, sedangkan MG dan PR menambah hindaran dengan menyisipkan KSS (keen soul stone).
Tips menyisipkan SS bukan merupakan satu-satunya cara menutupi kelemahan karakter, pemain membutuhkan trik juga dalam permainan. Misalnya Archer yang dianugerahi serangan fisik terbesar, damage serangannya justru menurun drastis pada pertempuran jarak dekat atau pada saat terbang, maka pemain dianjurkan menjaga jarak jauh dengan lawan dan menghindari mode terbang ketika bertempur. Untuk menjaga jarak jauh, Archer menggunakan trik gerilya yakni melakukan serangan dari jarak maksimal terhadap lawan lalu segera mundur untuk menghindari serangan balasan (hit & run).
Sejumlah pemain AR memilih meningkatkan defense sehingga karakter dapat lebih bertahan menerima serangan lawan, namun beberapa pemain lain lebih berkonsentrasi memanfaatkan keistimewaan/spesialisasinya yaitu serangan fisik jarak jauh, dengan cara meningkatkan stat DEX semaksimal mungkin. meskipun mengorbankan stat lainnya. Selain meningkatkan serangan, konsentrasi DEX juga menambah akurasi dan hindaran. Archer tipe ini meyakini moto habisi lawan sebelum dia berhasil mencapai kita.

Dari setiap bangsa di PW, masing-masingnya menghadirkan dua tipe pahlawan, fisik dan magic. Kelas fisik terdiri dari Bestial (siluman), Warrior (Manusia), Archer (Peri), Assassin (Duyung), dan Seeker (Earthguard). Sedangkan Kelas magic terdiri dari Foxlady (siluman), Mage (Manusia), Priest (Peri), Psychic (Duyung), dan Mystic (Earthguard).

KELAS FISIK
Statistik Warrior dan Seeker terlihat sama-sama unggul pada akurasi dan hindaran. Yang membedakan mereka sebenarnya adalah spesialisasi dan skill. Begitu pula dengan Archer dan Assassin, keduanya mempunyai statistik yang sama, namun skill dan spesialisasi saling bertolak belakang. AR penyerang jarak jauh sedangkan AS penyerang jarak dekat. Karena adanya klasifikasi armor yang terbagi atas Heavy, Light, dan Magic, dan karena AR dan AS sama-sama menggunakan armor light, maka banyak pemain menyebut mereka makhluk setengah fisik setengah magic. Padahal alasan sebenarnya adalah, armor heavy memiliki opsi def fisik yang sangat besar namun def elemen magicnya sangat kecil, sedangkan armor light mempunyai opsi def elemen magic lebih besar dari pada def fisik, bila dibandingkan dengan armor heavy).

KELAS MAGIC
Pada kelas magic, baik Mage, Priest, Psychic, maupun Mystic mempunyai statistik yang sama ketika dilahirkan. Foxlady adalah satu-satunya kelas magic yang mempunyai stat berbeda sendiri, sama halnya dengan BS pada kelas fisik. Meskipun kelas magic umumnya memiliki statistik yang sama, namun pada pertumbuhannya perbedaan antara mereka sangat menyolok pada spesialisasi dan skill.

Statistik menentukan kemampuan karakter, sejauh mana dapat dimaksimalkan angkanya dengan memilih equipment yang tepat. Kelas fisik yang menggunakan armor magic pastinya memiliki statistik yang tidak maksimal, begitupun sebaliknya. Itulah sebabnya, pemain berkonsentrasi pada equipment untuk memaksimalkan karakternya. Dan PW menyediakan ribuan equipment dengan berbagai opsi tambahan. Akibatnya, akan ada ratusan ribu karakter yang memiliki statistik berbeda. Dengan kata lain ada ribuan FX, ribuan WR, ribuan PR dan seterusnya...

postingan terkait, Equipment)
Salam DG
Miki

1 comment:

  1. menurut kalian lebih bagus assasin/sekeer dari penilaian keseluruhan saat bermain di game THX :D

    ReplyDelete