ASSASSIN



ASSASSIN

Karakter dari bangsa duyung ini dikenal sebagai pembunuh yang ahli karena memiliki kemampuan menghilang (stealth) sehingga tidak terlihat dan serangan yang berdampak bleeding. Kecepatan gerak dan damage serangan yang besar didukung bonus perenang yang baik, membuatnya sangat trampil dalam pertempuran solo. Dari semua job di game, assassin bertempur sangat dekat dengan lawan, memiliki stat poin mirip archer namun teknik bertempur layaknya warrior.



KEISTIMEWAAN DAN KEKURANGAN

Gambar tabel di atas adalah cuplikan pada pembahasan Perbandingan Statistik Karakter di postingan sebelumnya. Sangat jelas terlihat bahwa kelebihan Assassin berada pada kecepatan gerak saja. Meskipun info statnya ketika dilahirkan menunjukkan bahwa AS sebagai karakter dengan kemampuan menengah, bukan berarti AS tidak memiliki spesialisasi. AS memiliki keistimewaan sebagai pembunuh tercepat di PW karena pada perkembangannya, akurasi dan hindaran meningkat sangat tajam seiring damage serangan yang dihasilkan, AS juga dibekali skill debuff, skill membatalkan chanting, dan menghilang.
Namun di level – level awal, AS beresiko terbunuh karena kapasitas HP lebih kecil dibandingkan petarung fisik jarak dekat lainnya, yakni BS dan WR. Defense fisik juga sangat minim, dan variasi skillnya tidak banyak. AS juga tidak maksimal dalam pertempuran masal karena tidak didukung skil AoE.

EQUIPMENT

Seperti halnya Archer, Assassin adalah Pejuang yang mengandalkan dex. Itulah sebabnya AS direkomendasikan memilih Light Armor sebagai pertahanannya. Meskipun armor light memberikan def fisik lebih kecil dari pada armor heavy, AS meningkatkan DEX yang secara otomatis memaksimalkan akurasi dan hindarannya untuk mengimbangi kekurangan def-nya. Karena damage serangan AS berasal dari dexterity, maka tidak bijaksana untuk mengalihkan stat DEX ke STR untuk memilih armor heavy. Selain itu, kapasitas HP AS tidak mendukungnya menggunakan armor heavy.
Pemilihan Senjata untuk AS sangat terbatas pada Dagger meskipun kemampuan dan setingan stat poin AS memungkinkannya menggunakan fist sebagai senjata. Dagger direkomendasikan karena memiliki jangkauan pendek, kecepatan serangan ASPD, dan damage fisik bleeding yang besar.

PvP, PvE, TW

Pada pertempuran PvP (satu lawan satu) AS sangat unggul dalam kecepatan membunuh lawan karena didukung dengan tingkat kritikal yang dimilikinya. Hunting laksana Harimau yang mengendap-endap mengincar mangsanya, menghilang, muncul dengan kejutan, dan langsung menghabisi korbannya dengan cepat. Karena minim skill AoE, AS cenderung membunuh musuhnya dengan terburu-buru satu demi satu dari pada dikepung dan menjadi sasaran keroyokan.
Di lain pihak, kemampuan menghilangnya mungkin dapat membantu sesaat, namun AS dianjurkan menghindari lawan-lawan heavy dengan kapasitas HP serta def fisik yang tebal, karena membunuh mereka tidak dapat dilakukan dengan cepat. Hindaran AS mungkin menolong, tapi pertempuran jarak dekat yang lebih lama dapat membahayakan dirinya yang menggunakan armor light.
Pada pertempuran territorial war, AS berfungsi sebagai penyusup yang langsung menuju ke barisan belakang musuh tanpa ketahuan. Bahkan karakter dengan level lebih tinggi dapat menjadi korban AS yang sangat lihai menghilang dari pandangan. Pada pertempuran jenis ini, AS dianjurkan memilih mitra BS atau WR yang dapat dijadikan sebagai bentengnya.

1 comment: