PENGISIAN STATPOINT

PENGISIAN STATPOIN

Dalam game banyak pemain beginner melakukan kesalahan serius pada pengisian statpoin yang berdampak tidak maksimalnya statistic karakter yang dimainkan. Ketika karakter bertumbuh dan DG-ers menemukan kenyataan bahwa karakternya tidak memuaskan, sebaiknya DG-ers tidak buru-buru berputus asa, karena kekeliruan pengisian statpoin dapat direset kembali dengan reset ticket yang dapat dibeli dari IM (Item Mall) atau dari kucing-kucing pedagang di kota barat naga. Berbagai Reset tiket disediakan untuk mereset 10 poin atribut, ada pula yang berfungsi mereset masing-masing 5 poin atribut. Sedangkan untuk kesalahan fatal, ada reset 50 poin dan reset masing-masing 25 poin.
Sesungguhnya reset tidak dibutuhkan oleh pemain advanced, karena mengisi statpoin sebenarnya tidaklah sulit. Beberapa pedoman telah dibuat berbentuk rumus, seperti misalnya untuk Bestial dikenal rumus, STR3 CON2, artinya, setiap kali naik level dan mendapatkan 5 statpoin, pemain bestial mengisi atribut STR+3 dan CON+2. Namun rumus-rumus ini bukanlah pedoman yang efektif bila pemain tidak mengetahui alasan yang membentuk rumus-rumus tersebut. Apalagi syarat menggunakan armor heavy juga membutuhkan DEX selain STR. Maka rumus STR3 CON2 tidak sepenuhnya benar. Jadi, sebaiknya DG-ers menganalisa syarat mengenakan equipment lebih dahulu, sebagaimana dicontohkan pada table di bawah ini:

SYARAT EQUIPMENT

Armor Heavy biasanya menuntut karakter memiliki angka atribut yang tinggi pada STR, Armor Light menuntut STR dan DEX yang berimbang dan armor Magic menuntut INT. Armor heavy juga membutuhkan syarat pendukung DEX, sedangkan armor Magic membutuhkan pendukung STR dalam jumlah kecil.


Dari gambar table di atas, dapat dibuat kesimpulan sementara sbb:
Bestial dan Warrior yang menggunakan heavy armor harus memiliki angka atribut MINIMAL STR-152 dan DEX-34 pada level 60 untuk dapat mengenakan baju Lv.8, lalu pada Lv.70 STR harus mencapai 177 dan DEX 39 untuk dapat mengenakan baju Lv.9. Matematika sederhana menunjukkan selisih 15 poin STR dan 5 poin DEX dari Lv 60 ke 70.
Namun, bukan hanya armor yang menjadi pedoman perhitungan pengisian statpoin. Senjata adalah equipment yang paling ketat dalam menerapkan aturan syarat atribut, angka yang ditampilkannya lebih tinggi dan bervariasi dari pada angka syarat armor. Tabel berikut menunjukkan contoh pemilihan senjata dengan syarat atribut sbb:

Tibalah kita pada proses matematika yang sengaja dibuat bertele-tele untuk DG-ers…
Dari contoh ilustrasi di atas, dapat dipastikan bahwa untuk dapat menggunakan semua armor heavy dan senjata 2 hammers, maka BS atau WR harus memiliki STR minimal 212 dan DEX 39 pada Level 69. Maka dengan demikian, dari stat awal STR-5 dan DEX-5 ketika masih Level 1, sampai Lv. 69, BS dan WR memiliki (68 Lv X 5 Poin = 340) untuk digunakan. Minimal 207 poin ditambahkan pada STR agar menjadi 212 dan 34 poin pada DEX. Maka hanya tersia 99 poin untuk diisi pada CON atau INT.
Beberapa pemain kelas magic seperti PR,MG dan PS menerapkan rumus Lv = CON, Lv 69 = CON 69. Namun angka tersebut dirasakan masih kurang untuk BS yang dibentuk untuk TB. Di sisi lain AR (archer) seringkali berkonsentrasi pada full DEX, yang berarti, atribut lain hanya untuk memenuhi syarat, semua poin dimaksimalkan ke DEX untuk meningkatkan serangan, akurasi, hindaran dan kritikal. Kesimpulannya, syarat minimal menggunakan equipment wajib menjadi pedoman dasar pengisian statpoin, sedangkan kelebihan poin dapat digunakan untuk mengisi atribut lain namun bisa juga dimaksimalkan lagi ke atribut yang menjadi spesialisasi dari karakter tersebut.

Ketika mencapai level 69, sebaiknya karakter kelas magic memiliki minimal 207 INT dan 39 STR meskipun syarat pemakaian baju Lv 70 adalah INT 108. Dari 340 poin yang dibelanjakan untuk 202 INT dan 34 STR, tersisa 104 poin. Bila CON = 69, maka masih ada 35 poin yang bisa digunakan untuk memaksimalkan spesialisasi magic yaitu INT, kecuali bila DG-ers memiliki trik yang lebih baik.
Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam pengisian statpoin adalah:
Khusus untuk Jubah, yang dituntut hanya syarat level. Hal senada juga terjadi pada syarat menggunakan ornament Kalung, Sabuk, dan cincin. Sedangkan Helm, tidak tersedia helm light, yang ada hanyalah helm heavy yang menuntut syarat STR dan helm magic yang meminta syarat INT. Hal inilah yang kadang-kadang menjadi dilema untuk karakter yang memilih Light armor seperti Archer atau Assassin. Bila memilih helm heavy, statistic AR akan meningkat pada def fisik, dan bila memilih helm magic, MP dan def magicnya yang meningkat. Perbedaan inilah yang menimbulkan dua jenis AR, AR fisik dan AR magic, namun karena AR dan AS tergolong kelas fisik, kebanyakan pemain memilih meningkatkan STR dan mengenakan helm heavy karena lebih ideal.

Ketika mencapai Lv 69, AR sebaiknya memiliki 209, atau 210 DEX dan 35 STR untuk dapat menggunakan Senjata Sling dan armor light lengkap. Namun karena dilemma pemilihan Helm heavy atau magic (Lv.9 untuk Lv.71) dimana Helm Heavy membutuhkan 110 STR dan helm magic 40 INT, maka bila memilih AR tipe STR, sisihkan 210 DEX, 110 STR, dan sisanya untuk CON atau INT.
Prinsip utama pengisian atribut sebenarnya adalah pemahaman spesialisasi karakter dan mengetahui syarat equipment yang akan digunakan. Misalnya Bestial, karena dituntut sebagai tank pembendung serangan dan mengandalkan kapasitas HP, maka statpoin dimaksimalkan pada CON untuk memperluas “tangki” HP dan STR untuk mempertebal “perisai” defense. Sedangkan DEX, meskipun dibutuhkan juga, namun tidak menjadi prioritas Bestial. Di sisi lain, tentunya job magic seperti Mage mempunyai trik tersendiri dalam pengisian statpoin sesuai spesialisasinya, INT akan lebih dimaksimalkan, sedangkan STR hanya memenuhi syarat armor.
Dengan demikian, rumusan pengisian statpoint sangat bergantung pada ketelitian DG-ers dengan berpedoman pada syarat equipment dan spesialisasi. Variasi pengisian stat poin yang didukung dengan mengenakan equipment pilihan, sebagaimana dijelaskan pada pembahasan PEMILIHAN EQUIPMENT menjadi faktor penentu memaksimalkan kemampuan karakter.

1 comment:

  1. klo ASPD itu cara ningkatinnya gmn kang or itu pengaruh dari senjata

    ReplyDelete