PIXIE

PIXIE, Si Peri Kecil
Beberapa orang di PWIndo menganggap pixy tidak banyak membantu dan pixy pemain lain bukanlah ancaman serius... Bahkan panduan di web ketika update spirit of pixie berbunyi.. :
- Sebaliknya, jika kamu merasa tanpa Pixie dan tanpa Skill mereka, kamu sudah cukup baik dan terkendali dalam bertarung melawan Monster atau ketika PvP melawan Pemain lain, maka tanpa perlu melatih dan merawat Pixie, kamu tetap baik – baik saja. (jawaban pertanyaan no.8)

- Sama sekali tidak, Pixie hanyalah bala bantuan dari Peri Bulan untuk mempermudah Dewa – Dewi dalam berpetualang. Jika tanpa bantuan Pixie, Dewa – Dewi sudah dapat menjelajahi Perfect World tanpa masalah, maka tanpa Pixie-pun, hal tersebut tidak akan terlihat aneh, karena sudah jelas bagi Pemain tersebut, Pixie tidak terlalu berperan penting. (jawaban pertanyaan no.11)

,… well…, menurut saya,..keliru!
Ada banyak artikel tentang si peri kecil ini, baik di PW Indo maupun PWInter maupun “PWIdih-banyak-amat”, beberapa diantaranya menghabiskan lebih banyak waktu daripada sekedar membaca deskripsi sebuah karakter. Saking banyaknya informasi tentang makhluk kecil yang manis ini, saya yakin keberadaannya justru sangat penting. Maka untuk melengkapi database Guild DemiGods, saya menggabungkan artikel dari beberapa sumber sebagai berikut:
1. Pixie diperoleh dari NPC Pixie Master, gratis! tetapi pixie yang didapat sifatnya 100% random. Ada 4 jenis Pixie ; Longevity, Infliction, Discipline, dan Zeal dengan statistik berbeda.
2. Jika menginginkan Pixie lagi, berikan 3 Immortal Stone kepada NPC Pixie Master, dan untuk pertukaran ini DG-ers bisa memilih Pixie yang baru sesuai keinginan. Mau koleksi selusin pixie juga boleh, asal berkantong tebal. Beberapa pemain bahkan membawa 2 jenis pixie di inventorinya yang bisa digonta ganti kapan saja tergantung selera, namun ketika peristiwa penggantian terjadi, pemain membutuhkan waktu agar stamina dan energy pixie terisi penuh, tentu saja hal ini tidak efisien.

3. Pixie tumbuh bersama dan mendapat exp dari karakter ketika mengerjakan quest. Besarnya EXP yang diterima oleh Pixie adalah 10% dari nominal EXP yang diterima oleh Karakter. Misalkan ketika karakter mendapat 400 exp, maka pixie-nya yang sedang aktif saat itu mendapatkan 40 exp. Biasanya, pixie terlambat mengikuti peningkatan level karakter sehingga untuk mengejar ketinggalannya pixy diinfus agar naik level dengan cepat. DG-ers dapat menaikan level Pixie dengan infuse Exp atau infuse SP dalam mode tidak dapat ditransaksikan. Sebaliknya, pada mode dapat ditransaksikan, Pixie Cuma dapat diinfus dengan vigor stone saja. Tiga metode ini sangat penting, DG-ers dianjurkan untuk berhati-hati dalam melakukan infuse karena ada penalty dengan rumus sbb:
Exp X (Lv pixie / Lv karakter). Bila level pixie 70 dan level karakter 76, maka 10.000 X (70 / 76 ) = exp karakter diberikan pada pixie untuk naik level. Jadi 10.000 X 0.921 = 9.210 exp akan disedot dari karakter untuk pixie. (Hal ini karena angka penjumlahan kurang dari 0,1 (misalkan 0.092) akan dibulatkan ke 0.1) Penalty ini akan semakin besar angkanya bila selisih level pixie dan karakter lebih jauh. Cara ini hanya direkomendasikan bila selisih level karakter dan pixie tidak terlalu jauh agar infuse ratio-nya kecil. Untuk infuse SP, rumusnya 10.000 X {(70 / 76) X 5 }, jadi 10.000 X {4.605} = 46.050 SP. Padahal ketika hunting momon, karakter mendapatkan 5X lebih kecil jumlahnya dari pada exp, dan angka penjumlahan yang kurang dari 0,5 akan dibulatkan ke 0,5). Sedangkan infuse Exp cube, rumusnya 10.000 (Exp yang dimiliki Exp.cube) X (Lv.Pixie / Lv.karakter). Misalkan pixie Lv.1 dan karakter Lv19, maka 10.000 X 1 / 19 = 0,052, namun karena angka penjumlahan kurang dari 0,1 akan dibulatkan menjadi 0,1 maka exp dari exp cube yang diberikan pada pixie untuk naik level adalah 1000exp.

4. Pixie tidak dapat diserang oleh siapapun, tapi bisa diperintahkan menyerang momon, pemain lain, mengeluarkan buff, dan skill ( Pixie mempunyai 1 skill bawaan dan 3 slot tambahan untuk skill). Sangat berguna bukan?
Sering saya jumpai beberapa pemain menghapus skill awal pixie yang dapat dilakukan di NPC pixie master, dan menggantinya dengan skill yang lain dengan alasan skill utama tidak dapat di-upgrade. Namun khusus untuk skill earthflame milik Zeal, sangat berguna untuk menarik satu persatu momon dari kelompoknya, seperti keistimewaan yang dimiliki foxlady. Skill earthflame ini menjadikan zeal sebagai pixie primadona oleh semua kelas.

5. Pada masa pertumbuhan, hanya untuk Pixie gratisan saja (tidak berlaku untuk pixie yang ditukar dengan 3 immortal stone), ketika pixy mencapai level 19, pemain akan mendapatkan hadiah dari NPC Master berupa : Cube of Enlightment (Vigor Stone untuk infuse exp). Di level 49 juga mendapat Refined Cube of Enlightment (Vigor Stone/ Exp cube). 20 Order of Origination (untuk reset stat pixie) diperoleh ketika Pixie mencapai level 70. Lalu di level 79, Pixie Master kembali menghadiahkan elite cube of enlightment (exp cube), dan terakhir di saat pixie level 80, Stone of Refreshment ( untuk mereset affinity poin).

6. Pixie dimodalin 1 poin affinity dan akan mendapatkan poin affinity lagi setiap kelipatan 5 level. Di level 100, Pixie mendapat 1 poin affinity setiap level, jadi total poin affinity max = 26 poin. Tapi, jangan buru-buru menghabiskan poin affinity, rencanakan dulu skill apa yang mau dipelajari karena setiap skill pixie membutuhkan poin affinity dengan jumlah tertentu pada elemen Kayu,Api,Air,Metal,dan Tanah. Maksimum pengisian poin affinity setiap elemen = 8. Bila terjadi kekeliruan, gunakan stone of refreshment untuk mereset affinity Pixie.

7. Pixie mendapatkan 1 stat poin setiap kali naik level. Statistik Pixie dimaksimalkan dengan mengisi atribut CON, STR, INT, dan DEX. Tapi sebelumnya, perhatikan hal berikut : - CON menambah kapasitas energy, INT dibutuhkan untuk mengeluarkan skill, STR meningkatkan damage yang dihasilkan skill serangan, sedangkan DEX mempengaruhi efek durasi skill. Kekeliruan mengisi atribut pixie dapat dikoreksi dengan Order of Origination.
Beberapa pemain, seperti wakil G DemiGods, telah mengadakan penelitian dan menganjurkan untuk berkonsentrasi lebih dahulu meningkatkan INT sampai 50, karena regenerasinya akan meningkat 1 poin. Sehingga pixie dapat lebih cepat mengeluarkan skill kedua selagi skill pertama sedang coolingdown.
Hal kedua yang penting dalam pengisian atribut adalah jumlah stat awal pixie. (teliti gambar di atas). Karena adanya aturan pengisian 1 poin hanya terbatas pada nilai “40”, maka bila kita ingin mengisi atribut INT Discipline yang mempunyai stat awal=5 hingga mencapai INT 50 , kita akan menghabiskan 40 statpoin hingga mencapai INT 45, dan setelah itu, butuh 2 statpoint untuk menaikkan 1 poin atribut, yaitu 10 poin untuk menaikan INT discipline dari 45 ke 50, jadi total 50 point dibutuhkan untuk meningkatkan INT Discipline menjadi 50. Yang beruntung adalah pixy Zeal, karena kita hanya membutuhkan 35 statpoint untuk mendapatkan INT 50. Teori ini sekaligus membantah kenyataan bahwa semua pixy sama saja.

8. Pixie mendapatkan luckypoint (LP) antara 1-10 poin yang bersifat benar-benar sangat acak setiap 10 level, tidak ada trik untuk mengakali hal ini. Tips-tips untuk menaikkan level pixie seperti pixie diinfus pada jam 12 malam atau karakter harus berada di tempat sepi dan lain-lain sudah dibuktikan dan tidak berhasil. Kemungkinan untuk mendapatkan LP 25 ketika Pixie level 50 adalah rata-rata, di atas 25 berarti Pixie-nya hoki, di bawah itu berarti pixie bernasib buruk. Pixie dengan LP 80/80 adalah sangat super langka.
LP pixie akan terus terakumulasi hingga cukup untuk berevolusi. Evo pertama (0 ~ 40 Lucky Point) Evo kedua (41 ~ 50 Lucky Point) Evo ketiga (51 ~ 60 Lucky Point) Evo keempat (61 ~ 99 Lucky Point)
Selain untuk berevolusi, LP juga dibutuhkan untuk menambah kolom skill yang dapat dipelajari pixie. LP 0~50 memiliki 4 Slot Skill, LP 51~70 meningkat 5 Slot Skill. LP 71~80 mendapat 6 Slot Skill, LP 81~90 bertambah menjadi 7 Slot Skill, dan terakhir LP 91+ tercapai maksimal 8 Slot Skill.
9. Mempelajari dan menghapus skill pixie dilakukan di pixie master. Untuk mempelajari skill dibutuhkan biaya dan SP, bila skill dihapus SP tidak akan dikembalikan. Memilih skill yang akan dipelajari pixie sangat ditentukan dari nilai stat poin awal setiap pixie agar tidak kesulitan dalam pengisian atribut dan affinity. Beberapa skill membutuhkan syarat affinity yang sama atau setidaknya mirip, saya menganjurkan DG-ers memilih skill-skill yang cocok dengan pixie yang dimiliki. Bila pixie yang dimiliki adalah Infliction, maka karena status awal STR-nya besar, sebaiknya Infliction diajari skill-skill serangan karena Infliction cocok berperan sebagai Attacker / Penyerang, dan hal yang menguntungkan adalah DG-ers tidak boros dalam pengisian STR. Skill-skill serangan yang diajarkan sebaiknya tidak bersyarat affinity yang berbeda-beda, karena poin affinity sangat terbatas untuk mempelajari level skill yang lebih tinggi.

10. Membutuhkan waktu 1 minggu (168 jam) untuk merubah status Pixie dari mode tidak dapat ditansaksikan menjadi mode dapat ditansaksikan, tapi untuk merubah dari mode dapat ditransaksikan menjadi mode tidak dapat ditransaksikan, Cuma sedetik, tinggal klik saja.

11. Pixie dapat dihancurkan di NPC Pixie master, dan sebagai gantinya kita akan mendapatkan exp cube yang bisa digunakan untuk infuse pixie yang lain. Pixie diatas level 40 harus berada pada status dapat ditransaksikan bila ingin dihancurkan.

12. Pixie tidak perlu diberi makan seperti pet, tetapi Pixie membutuhkan Stamina yang diisi dengan Fuel Stone (drag saja fuel stone dari inventory ke slot pixie). Pixie tidak akan mati jika tidak diberi Fuel Stone, tetapi Pixie tidak bisa menggunakan Skill, dan hanya berguna sebagai hiasan. Fuel stone bisa didapat dari penghancuran equipment. Level fuel stone menentukan banyaknya stamina yang diperoleh pixie, Perfect Stone yang terbaik namun berkesan terlalu mahal karena sekedar memberi 720 stamina.
(Keterangan tabel: karena data terbatas, harap DG-ers bersabar menunggu update data pixie)
13. Equipment Pixie terdiri dari : Jade, Mirror, Orb dan Charm. Sekali dipakaikan, Equipment tersebut tidak dapat dilepaskan lagi kecuali dihancurkan dan digantikan dengan Equipment lain. Penghancuran Equipment dapat dilakukan di NPC Pixie Master. Equipment memberi opsi luar biasa, tapi jangan senang dulu, seperti kata PWpedia: …HOWEVER, before everyone gets all excited…these items cost 1 million coins. Therefore, and unfortunately, these items will be out of reach for many.. alias …Harga equipmentnya bisa bikin karakter jatuh miskin dan melarat! Berani? He he he…


Ket. foto
: berkunjung ke desa bunga.. buat momen sejarah bersama pixie kesayangan yang kini sudah dihancurkan menjadi exp cube...

3 comments:

  1. salud gue .. wkwkwk
    bahasanya teratur banget

    ReplyDelete
  2. cara menggunakan exp cube gimana ya?

    ReplyDelete
  3. Terima PR lv 89 ga jdi anggota ?

    ReplyDelete